Jalur Ponorogo Trenggalek Sudah Bisa Dilintasi Dua Arah

PONOROGO – Jalur ambles Ponorogo-Trenggalek km 32, Desa Pangkal, Kecamatan Sawoo, yang semula hanya bisa dilintasi satu arah secara bergantian, kini bisa dua arah.

“Semula memang jalur tersebut hanya bisa dilintasi satu kendaraan saja. Pakai sistem buka tutup karena jalan memang ambles,” kata Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, Kamis (12/6).

Saat ini, lanjut ia, sudah bisa digunakan dua arah sekaligus. Baik dari arah Trenggalek maupun Ponorogo bisa bersama-sama melintas.

“Setelah jalan diperbaiki. Jalan diperlebar. Sisi sebelah kanan tebingnya dikeruk. Kemudian dibuatkan jalan rabat,” tambahnya.

Untuk yang ambles, lanjut ia, tetap ada. Sehingga pengguna jalan sebaiknya tetap berhati-hati jika melintas jalur tersebut. Jalur maut Ponorogo-Trenggalek kembali menjadi perhatian berwenang. Pasalnya ditengah arus mudik lebaran 2018, ada jalan ambles di jalur tersebut.

Berada di Desa Pangkal, Kecamatan Sawoo di kilometer 32, Ponorogo terdapat jalan amblas setinggi 75 meter. Oleh pemerintah daerah setempat, amblesnya jalan ini sudah diberi pertolongan pertama berupa tiang penyangga yang terbuat dari besi. Hal ini dilakukan agar amblesan tanah tidak meluas.

Untuk menghindari kecelakaan pengendara, petugas memberi pembatas jalan ambles tersebut dengan karung berisi pasir.