Kanit Sabhara Polsek Sambit laksanakan teguran kepada pelanggar murid SLTP

Tribratanews.polri.go.id Polres Ponorogo – Kanit Sabhara Polsek Sambit IPDA MULYONO melaksanakan teguran dan penyuluhan terkait Operasi Patuh 2019 di tikungan Desa Campursari pada saat melaksanakan selektif pagi (Rabu,11/9/2019).

Dalam rangka pelaksanaan Ops Patuh 2019, Kanit Sabhara Polsek Sambit melaksanakan teguran dan penyuluhan terkait Operasi Patuh 2019 di tikungan Desa Campursari dengan harapan mendapati pengendara sepeda motor atau mobil yang tidak sesuai dengan aturan dalam berlalu lintas.

Kanit Sabhara Polsek Sambit menyampaikan kepada pengendara sepeda motor yang melanggar bahwa giat Operasi kepolisian dengan sandi Ops Patuh 2019 selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 29 agustus sampai dengan 11 september 2019. Dan Operasi ini tidak hanya dilakukan oleh Polres Ponorogo  saja tetapi dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, Membangun budaya tertib berlalu lintas dan Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Petugas juga menyampaikan banyak pelanggaran lalu lintas yang didominasi oleh anak anak sekolah dan secara kebetulan dilokasi tersebut dijumpai ada anak sekolah setingkat SLTP yang mau berngkat sekolah dan melewati tikungan Desa Campursari tidak memakai helm.
IPDA MULYONO . menyampaikan Prioritas penindakan dan pelanggaran operasi Patuh tahun 2019 adalah sebagi berikut :
Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar;Pengemudi Roda empat yang tidak menggunakan safety belt;Pengemudi Roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan;Pengemudi ranmor yang melawan arus;Mabuk pada saat mengemudikan ranmor;Pengendara ranmor yang masih di bawah umur;Menggunakan hp pada saat mengemudikan ranmor;Ranmor yang menggunakan lampu strobo/rotator/sirine.

IPDA MULYONO mengakhiri arahannya Apa yang dilakukan Polri dalam pelaksanaan Ops Patuh 2019 untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dan dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap.