Material Longsor Di Sawoo Berhasil Dipindah Lalulintas Kembali Lancar

TribratanewsPonorogo.com – Polsek Sawoo, DPT (Dinding Penahan Tebing) atau plengsengan yang ambrol/longsor ditepi Jalan Nasional Ponorogo-Trenggalek tepatnya di lingkungan Randu-randu, dukuh Ngemplak, Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Minggu (16/2/2020) berhasil dievakuasi oleh alat berat berupa 1 unit eskavator dan 2 dump truk milik Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (B2PJN) Unit Trenggalek.

Proses pembersihan material dimulai pada pukul 21.30 WIB hingga selesai pukul 23.45 WIB dan membuat pihak Polsek Sawoo-Polres Ponorogo dua kali harus memberhentikan arus lalulintas dua arah dari Ponorogo maupun dari Trenggalek.

Kapolsek Sawoo AKP Edi Suyono, S.E. saat berada dilokasi memimpin proses evakuasi material mengatakan kejadian ini disebabkan intensitas hujan yang tinggi sejak pukul 18.00 Wib. “Dinding Penahan Tebing atau plengsengan tidak kuat menahan air hujan yang meresap di tanah diatasnya, karena hujan deras tadi mulai sejak pukul 18.00 Wib. Kami juga berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Unit Trenggalek untuk mendatangkan alat berat guna mengevakuasi dan menyingkirkan material longsor yang menutup separuh badan jalan. Kalau secara manual sangat sulit makanya kalau dengan alat berat kan cepat”, ujar AKP Edi Suyono.

Masalah yang timbul setelahnya juga tak kalah membahayakan yaitu adanya sisa lumpur yang lengket di aspal mengakibatkan jalan menjadi licin sehingga menyulitkan kendaraan khususnya roda dua, apalagi lokasinya berada di dekat tikungan. “Untuk membersihkan sisa material lumpur tanah yang lengket di aspal kami tadi meminta bantuan Damkar Kabupaten Ponorogo untuk melakukan penyemprotan di aspal jalan, sehingga nantinya tidak licin dan membahayakan bagi pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor”, pungkas AKP Edi Suyono. (rb)