Dua Penjual Bubuk Petasan Ditangkap Polsek Badegan

PONOROGO – Polisi Polsek Badegan berhasil mengamankan dua orang pembawa bubuk petasan yang hendak dijual bebas ke masyarakat. Polisi terpaksa mengamankan Muhammad Nurafit , 18th dan Erwin Syahfudin 22th, warga Desa Nrandu, Kecamatan Kauman Karen terbukti membawa satu kilogram bubuk petasan.

Seperti diketahui, bubuk petasan memang dilarang untuk diperjual belikan. Hal ini sudah tertera dalam Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No.12 tahun 1951) tentang bahan peledak. Apalagi jika bubuk petasan disalah gunakan sangat berbahaya. Termasuk bisa merusak rumah warga karena daya ledaknya yang sangat besar.

Penangkapan ini bermula dari informasi warga tentang adanya peredaran bubuk petasan di wilayah Badegan. Baru setelah diselidiki, Polisi akhirnya berhasil mengamankan pelaku di kawasan Desa SMPN 1 Badegan saat hendak bertransaki.

‘’Berawal dari laporan keresahan warga karena banyaknya petasan dengan suara yang sangat keras akhirnya kami melakuan penelusuran dan berhasil mengamankan dua penjual bubuk petasan,’’ tutur Kapolsek Badegan, AKP Suwoyo (29/5).

Sementara hingga saat ini, Poisi masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap pelaku penjual bubuk petasan.