PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI RUMAH SINGGAH PANGLIMA BESAR JENDRAL SUDIRMAN

Tribratanews.polri.go.id-Polres Ponorogo_Sawoo – Moment bersejarah bagi perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia pada masa perjuangan adalah peristiwa yang terjadi di kota Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Hari dimana arek arek suroboyo memberikan jiwa raganya untuk pertempuran sengit melawan penjajah Belanda. Dan bukan semata-mata karena banyaknya para pejuang yang gugur, namun memperingati hari Pahlawan adalah moment pembaharuan semangat juang yang telah terwariskan dalam mencintai ibu pertiwi hingga kini.

Untuk memperingati hari Pahlawan, Polsek Sawoo bersama FORPIMKA Kecamatan Sawoo mengadakan upacara di rumah singgah Panglima Besar Jenderal Sudirman di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Minggu (10/11/2019). Bertindak Sebagai Inspektur Upacara adalah bapak Camat Sawoo Drs. Setyo Hari Sudjatmiko, AP. Dalam peringatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Sawoo AKP Edi Suyono, Danramil Sawoo, DHC 45 dan Veteran Kab. Ponorogo, Kepala Dinas, Kades dan Perangkat Desa Se-kecamatan Sawoo, Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa, Perwakilan Siswa-siswi dan Guru pendamping SMP, Mts, SMA/SMK Se-kecamatan Sawoo.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Sawoo AKP Edi Suyono, S.E. mengatakan bahwa peringatan hari Pahlawan tetap dilaksanakan meskipun tidak pada hari dinas instansi. “Ndak masalah meskipun hari ini minggu tetap kita laksanakan upacara peringatan hari pahlawan. Mengenang, menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan kan bisa sewaktu-waktu dan berkesinambungan. Sewaktu-waktu itu maksudnya ya seperti hari ini. Kalau berkesinambungan ya semangat dan implementasinya yang nyata bagi Republik Indonesia”, jelas Edi.

Pelaksanaan upacara yang bertempat di rumah singgah Panglima Besar Jenderal Sudirman pun juga sangat menarik. Kecamatan Sawoo memang mempunyai tempat bersejarah yang berhubungan langsung dengan pahlawan atau tokoh sejarah kemerdekaan yaitu Panglima Besar Jenderal Sudirman. Hal ini juga perlu kita dukung dengan mengunjungi “museum hidup” tersebut.(rb)