Wakapolsek Sawoo Hadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Temon – Sawoo

Tribratanewsponorogo.com-Sawoo – Wakapolsek Sawoo IPDA Sugianto menghadiri giat Sosialisasi PTSL di Balai Desa Temon Kecamatan Sawoo, Selasa (21/1/2020).

Hadir dalam giat tersebut perwakilan BPN Bpk. Agung Dwiyono beserta 2 anggotanya Setyo Wahyudi dan Hartanto. Sementara itu narasumber kali ini juga menghadirkan perwakilan dari Polres Ponorogo yaitu Kanit Reskrim Sek Kota Iptu Rosyid Efendi, SH., Kejari diwakili Bpk. Nanang T. dan Al Khurniawan, Forkopimcam, Kepala Desa Temon Bpk. Suwoto beserta perangkat Desa, seluruh Pokmas masing-masing Dukuh, Bhabinkamtibmas Ds.Temon Bripda Riky AP., Koramil Sawoo Kopda Redik dan undangan warga Ds. Temon ± 500 orang.

Data Sementara PTSL 2020 Ds. Temon per hari Selasa 21/1/2020 total sementara 3.834 bidang tanah yg mengajukan, dengan rincian dusun Brenggolo 820, dusun Senarang 1430, dusun Mlokolegi jmlh. 866, dusun Temon jmlh. 630, Tanah Kas Desa jmlh. 30, Tanah Sosial jmlh. 58 bidang tanah.

Dalam rangka program PTSL ini juga telah dibentuk Pokmas berjumlah 25 orang. Menurut narasumber Iptu Rosyid Efendi, SH. PTSL berbeda dgn PRONA. “PRONA adalah jumlah bidang tanah targetnya terbatas dan yg ikut hanya tertentu khususnya untuk masyarakat yg tidak mampu. Sementara PTSL adalah Seluruh warga desa dan bidang tanah tidak terbatas”, ujar Iptu Rosyid.

Wakapolsek Sawoo Ipda Sugianto juga menjelaskan tidak ada pungutan desa dalam PTSL ini. “Masyarakat hanya dibebani biaya persiapan yg sudah diatur dalam peraturan Bupati yg akan di kelola oleh Pokmas dan berasal dari masyarakat sendiri, contohnya biaya materai, biaya patok, dsb. Semoga dengan penjelasan dari narasumber tadi panjenengan bisa tau dan mengerti perihal PTSL ini”, jelas Ipda Sugianto. (rb)